Wednesday 26 October 2011

Simoncelli Meninggal Bukan Karena Rossi atau Edwards

Sepang - Juara dunia MotoGP tahun 1987, Wayne Gardner, meminta Collin Edwards dan Valentino Rossi tak menghukum diri sendiri usai terlibat dalam kecelakaan yang membuat Marco Simoncelli meninggal dunia.

Peristiwa memilukan di Sirkuit Sepang itu bisa jadi bakal terus membekas di benak Edwards dan Rossi . Gardner sendiri pernah mengalami situasi yang sama sepetri itu saat menabrak Franco Uncini di GP Belgia tahun 1983.

Gardner lantas berpendapat sangat penting bagi keduanya untuk tidak menyalahkan diri sendiri. "Saya pernah terlibat dengan kejadian serupa dengan Franco Uncini bertahun-tahun lalu, jadi saya mengerti bagaimana perasaan mereka," ujar Gardner dalam tulisan di situs pribadinya.

"Tapi itu bukan kesalahan mereka. Tidak ada yang bisa mereka lakukan. Keduanya akan mengingat kejadian itu berulang-ulang di benak mereka, bertanya-tanya apakah harusnya mereka menghindar ke kiri, ke kanan, atau menekan rem lebih keras," lanjut Gardner

"Sedikit hiburan, yakni siaran ulang televisi dari kecelakaan itu--dalam beberapa tahun ke depan--bakal menunjukkan bahwa mereka tak punya kesempatan sama sekali untuk menghindar dari tabrakan."

"Itu adalah, sayangnya, hanya soal berada di waktu dan tempat yang salah," tukas Gardner.

Akibat kecelakaan tersebut, Simoncelli mengalami cedera serius pada kepala, leher, dan dada. Nyawanya pun dinyatakan tak tertolong lagi pada pukul 16.56 waktu Malaysia.

No comments:

Post a Comment