Sunday 15 January 2012

Tentang Audi

Audi AG adalah sebuah produsen mobil asal Jerman yang menjual mobil di berbagai macam kelas dan harga. Perusahaan ini dimiliki penuh (99,5%) oleh Grup Volkswagen sejak tahun 1966. Diposisikan sebagai kelas mobil mewah.

Perusahaan ini bermarkas di Ingolstadt, Bavaria, Jerman. Nama perusahaan ini sebenarnya berasal dari nama panggilan pendirinya August Horch, yang mempunyai arti "mendengar" dan jika diterjemahkan ke Bahasa Latin menjadi Audi.

Semboyan Audi adalah Vorsprung durch Technik, yang dapat diartikan "Keunggulan melalui teknologi".

Pemilik terbesar dari Audi AG adalah Volkswagen AG, yang memiliki 99 persen saham perusahaan ini dari tahun 1966. Belakangan ini, adanya kemungkinan Audi dilepas oleh Volkswagen telah menjadi perdebatan.
Dari tahun 2002 sampai 2007, Audi mengepalai Audi Brand Group, sebuah sub-divisi dari Grup Volkswagen yang terdiri dari Audi, SEAT dan Lamborghini.

Di sepakbola, Audi telah lama bekerjasama dengan beberapa klub seperti Manchester United, FC Bayern Munich, Real Madrid, FC Barcelona, AC Milan dan Ajax Amsterdam.

Logo Audi adalah empat cincin yang saling melingkar yang melambangkan empat merek dari Auto Union. Keempat merek itu adalah Audi, DKW, Horch dan Wanderer: cincin pertama melambangkan Audi, yang kedua DKW, ketiga Horch, dan keempat Wanderer. Logo Audi mirip dengan logo cincin Olimpiade sehingga Komite Olimpiade Internasional pernah memperkarakan Audi di Pengadilan Merek Dagang Internasional tahun 1995.

Sebagai peringatan hari jadi Audi ke-100 tahun 2009, Audi memperbaiki logo barunya, sehingga sekarang tulisan "Audi" telah bergeser ke kiri dan ada penambahan shading pada keempat cincin itu.
Logo ini didesain oleh Rayan Abdullah. (logo yang di atas)

Slogan

Slogan dari Audi adalah Vorsprung durch Technik, artinya "Keunggulan melalui Teknologi". Slogan bahasa Jerman ini digunakan di banyak negara Eropa termasuk Britania Raya, dan pasar lainnya seperti Amerika Latin, Oceania dan Asia termasuk Jepang dan Indonesia. Beberapa tahun lalu, slogan untuk pasar Amerika Utara adalah "Innovation through technology" (Inovasi Melalui Teknologi), tapi di Kanada slogan bahasa Jerman ini tetap dipakai di iklan Audi. Belakangan ini, Audi memperbaharui slogannya di AS menjadi "Truth in Engineering" (Dipercaya untuk Teknik).

No comments:

Post a Comment