Wednesday 28 December 2011

Lorena Beli 500 Unit Bus Seri OH 1526


JAKARTA : PT. Eka Sari Lorena Transport membelanjakan dana sekitar Rp. 1 Triliun untuk membeli 500 unit bus Mercedez Benz seri terbaru OH 1526.

Presiden Direktur PT. Eka Sari Lorena Transport G.T Soerbakti mengatakan pengadaan armada baru itu untuk meningkatkan penestrasi pasar angkutan darat di Indonesia. Dari sebesar Rp. 1 triliun, menurutnya, sekitar Rp. 350 miliar akan dialokasikan untuk pengadaan chassis Mercedes Benz, sedangkan Rp. 650 miliar lainnya akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiayai karoseri (bodi bus). Dia menambahkan pengiriman bus itu akan dilakukan secara bertahap mulai awal tahun depan sampai dengan 2017. Pada tahap awal, Soerbakti menyatakan sebanyak 106 unit chassis bus Mercedes Benz seri OH 1526 akan diterima Lorena Group pada kuartal I/2012. “Ini merupakan bagian rencana besar perseroan untuk menerapkan Blue Ocean Strategy melalui penetrasi pasar yang tidak memiliki pesaing,”katanya sesuai penandatangani nota kesepahaman dengan PT. Dipo Mandiri Motor selaku dealer resmi Mercedes Benz, kemarin.

Dia menjelaskan penggunaan bus asal Jerman itu untuk memastikan kualitas pelayanan di trayek Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Dia melanjutkan pihaknya telah mematangkan rencana untuk meningkatkan kinerja perseroan sehingga belum bisa diumumkan sekarang. ”kami akan mengumumkannya nanti pada saat yang tepat,”ujarnya. Ryanta Soerbakti, Technical Advisor PT. Eka Sari Lorena Transport, menambahkan harga pembelian dari Mercedes Benz memang cukup tinggi, tetapi pelanggan selama ini cukup puas dengan kenyamanan bus itu, selain itu yang menjadi petimbangan kami adalah efisiensi biaya dan kualitas armada yang dapat diandalkan mengingat bus kami harus beroperasi menempuh rute sejauh ratusan bahkan ribuan kilometer,” tegasnya.

G.T. Soerbakti menambahkan pengadaan 500 unit bus itu guna mempersiapkan perseroan melantai di Bursa Efek Indonesia. “kami mengupayakan dapat melakukan IPO pada awal tahun depan,” katanya.
Sejak beroperasi pada 1970, Lorena mengukuhkan diri sebagai pemain utama di sektor angkutan darat. Perseroan itu juga merambah ke sektor angkutan dalam kota, terutama di DKI Jakarta. PT. Eka Sari Lorena Transport adalah salah satu dari tujuh anak perusahaan Lorena. Perseroan ini memiliki jaringan pelayanan bus AKAP terbesar di Indonesia dan berencana melepas sahamnya ke publik di kisaran 15% - 20%. (Raydion Subiantoro).


No comments:

Post a Comment