Wednesday 14 September 2011

Burj Dubai Gedung Tertinggi Di Dunia

Dubai - Uni Emirat Arab akhirnya meresmikan gedung tertinggi di dunia, Burj Dubai. Krisis keuangan tetap membayang-bayangi mega proyek di negeri teluk ini.

Burj Dubai tinggi menjulang 800 meter dengan 160 lantai atau setara 6 kali tinggi Monas di Jakarta. Luas total bangunan mencapai 330.000 meter persegi. Proyek prestisius ini mengalahkan Menara Taipei 101 di Taiwan.

Upacara peresmian dilakukan pada Minggu 3 Januari 2010 pukul 20.00 waktu Dubai atau pukul 23.00 WIB. Kembang api dan permainan lampu sorot memeriahkan pembukaan Burj Dubai.

Peresmian ini dilangsungkan bersamaan dengan peringatan hari naik tahtanya Sheikh Mohammed Bin Rashed al-Maktoum di Dubai sejak 2006 lalu. Sejumlah pengamat percaya peresmian Burj Dubai menjadi tanda Dubai akan keluar dari krisis keuangan yang membayanginya.

Dubai disuntik dana USD 10 miliar atau sekitar Rp 90 triliun oleh Abu Dhabi pada saat-saat terakhir. Perusahaan Dubai World yang sedang kritis pun bisa bernafas kembali untuk merestrukturisasi utang-utangnya.

"Kami lebih percaya diri sekarang soal situasi di Dubai, setelah ada bantuan dari Abu Dhabi dan rencana restrukturisasi yang komprehensif," kata Mahdi Mattar, kepala ekonom Shuaa Capital seperti dilansir AFP, Senin (4/1/2010).

Burj Dubai dilengkapi dengan 57 lift tercepat di dunia yang mencapai 64 km/jam. Gedung ini akan memiliki 1.044 apartemen, 49 lantai ruang kantor serta Hotel Giorgio Armani. Tapi gedung ini hanya akan beberapa tahun saja sebagai gedung tertinggi karena di Dubai akan di bangun lagi sebuah gedung yang dapat mengalahkan Burj Dubai ini. Kapan ya Indonesia kaya gini,,

 

No comments:

Post a Comment